Ikatlah Ilmu dengan Menuliskan dan Mengamalkannya….

Sasmini

Categories

Archives

« Bahan Diskusi Filsafat Hukum Kelas E dan D | Home | Silabus dan Materi Hk Humaniter Internasional »

Bahan Diskusi MPH kelas C dan H

Posted: Sasmini on Feb 27 | Bahan Kuliah

Penelitian merupakan suatu aktivitas berpikir yang menggunakan metode ilmiah secara terancang dan sistematis guna memecahkan atau menjawab permasalahan tertentu. Dalam konteks hukum Peter Mahmud Marzuki memberikan pengertian penelitian hukum merupakan suatu proses berpikir untuk menemukan aturan hukum, prinsip-prinsip hukum maupun doktrin-doktrin hukum guna menjawab isu hukum yang dihadapi. Hal tersebut sesuai dengan karakter preskriptif ilmu hukum. Penelitian hukum dilakukan untuk menghasilkan argumentasi, teori atau konsep baru sebagai preskripsi (apa yang seyogyanya) dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. jika pada keilmuan yang bersifat deskriptif jawaban yang diharapkan adalah true atau false, jawaban yang diharapkan didalam penelitian hukum adalah right, appropriate, inappropriate atau wrong.

Lebih lanjut Peter Mahmud Marzuki membedakan penelitian hukum ke dalam dua jenis penelitian, yaitu penelitian untuk keperluan praktis (untuk kepentingan klien dan praktisi hukum__legal opinion) dan penelitian untuk keperluan akademis (skripsi, thesis, disertasi, naskah akademik RUU, dll). Dimana dalam pelaksanaannya penelitian hukum dibagi berdasarkan tingkatan ilmu hukum, yaitu pada tataran dogmatik hukum, teori hukum dan filsafat hukum.

Soetandyo Wignjosoebroto, mengkonsepkan hukum ke dalam lima konsep dasar, yaitu 1) Hukum adalah asas-asas kebenaran dan keadilan yang bersifat kodrati dan berlaku universal (law as what ought to be). 2) Hukum adalah norma-norma positif di dalam sistem perundang-undangan hukum nasional. 3) Hukum adalah apa yang diputuskan oleh hakim in concreto, tersistematisasi sbg judge made law. 4) Hukum adalah pola perilaku sosial yang terlembaga eksis sebagai variabel sosial yang empiris. 5) Hukum adalah manifestasi makna-makna simbolik para perilaku sosial sebagai tampak dalam interaksi antar mereka. Berdasarkan konsepsi hukum dan konsekuensi metodenya membedakan penelitian hukum kedalam dua penelitian yaitu penelitian hukum doktrinal dan penelitian hukum non doktrinal.

Terry Hutchinson membedakan penelitian menjadi empat yaitu: pure basic research, strategic basic research, applied research dan experimental development. Hutchinson menempatkan penelitian hukum di dalam kategori applied research. Ia membedakan penelitian hukum menjadi 4 tipe, yaitu: 1) Doktrinal research, 2) Reform oriented research, 3) theoretical research dan 4) fundamental research.

Diskusikanlah dan Buatkan komentar atas hal-hal berikut.

  1. Mengapa terdapat keberagaman jenis penelitian hukum? Identifikasi hal-hal yang menjadi penyebabnya!
  2. Identifikasi perbedaan antara penelitian hukum pada lapisan dokmatik hukum, teori hukum dan filsafat hukum menurut Peter Mahmud Marzuki?
  3. Identifikasi konsekuensi metode atas konsepsi hukum yang dikemukakan oleh Soetandyo Wignjosoebroto?
  4. Jelaskan perbedaan antara penelitian doktrinal/normative dengan penelitian hukum non doktrinal/empiris?

Hasil diskusi dan komentar atas point-point di atas paling lambat di posting pada hari Rabu, 2 Maret 2010 jam 13.00 WIB. Terimakasih.

62 Comments

Jump to comment form | comments rss | trackback uri

You must be logged in to post a comment.

Site Details

This part could be utilised for showing ads and other stuff

Blogroll